Rabu, 05 Agustus 2020

Peralatan Penanganan Matrial Bucket conveyor

Bucket conveyor

Bucket conveyor merupakan conveyer dengan spesifikasi buket yang terbuat dari baja dan digerakkan oleh rantai. Biayanya relatif murah dengan rangkaian yang sederhana, maksimum kecepatan 100 ft/m, kapasitas 100 ton/ jam, dan dapat mengangkut bahan bongkahan.

Bucket conveyor juga merupak salah satu jenis mesin conveyor yang menggunakan sistem Bucket (Ember0 untuk mengangkut muatannya, tentunya muatan yang di angkut adalah mutan yang kecil - kecil atau bentuk biji – bijian seperti jagung, kadelai, gandum, kacang tanah, kopi, dan lain – lain.

Keuntngan menggunakan Bucket conveyor iyalah bias bias mengangkut mutan meskipun posisi Bucket conveyor tegak lurus (Vartikal) ini juga bias digunakan oleh conveyor belt.

Fungsi dari bucket conveyor

Bucket conveyor sendiri adalah conveyor yang menggunakan bucket atau wadah, dalam mengangkut benda atau barang, dari satu tempat ke tempat lainnya. Bentuk dari bucket conveyor ini sendiri biasanya diagonal, atau juga vertical. Hal ini dimaksudkan agar barang yang dibawa tidak tumpah ke bawah.

Teknik seperti ini banyak digunakan oleh berbagai macam industri, seperti industri makanan, atau industri lainnya, yang bentuk materialnya kecil-kecil.

Cara kerja mesin ini cukup mudah, di mana pada alwanya, mesin ini akan mengambil barnag dari bawah, kemudan di bawah ke atas, ketika sampai di atas, alat ini akan bergerak memutar, sedangkan aneka macam barang yang dibawanya dari bawah, akan jatuh ke tempat atau conveyor lainnya. Sedangkan bucket conveyor sendiri akan mulai bergerak turun, dan kembali mengambil barang dari bawah.


Gambar Bucket conveyor



Witno. Haryanto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peralatan Penanganan Matrial Roller Conveyor

  Roller Conveyor Roller Conveyor ini adalah conveyor yang paling umum digunakan karena lintasan geraknya tersusun dari beberapa tabung (rol...